TIK

Teknik Komputer

Materi oleh Ibu Hj. Deswati S.kom, M.Pd


Nama : Syifa Sasikirana Nur'azizah

Kelas : X MIPA 3

Sekolah : SMA Negeri 1 Kota Bekasi

Tanggal pertemuan : Rabu. 8 September 2021

Mata Pelajaran : TIK

Resume :

    Ilmu komputer adalah ilmu tentang proses algoritmik, mesin komputasi, dan komputasi itu sendiri. Bidang cakupannya dibedakan menjadi dua macam yaitu disiplin teoritis dan praktis. Teori komputasi menyangkut model komputasi abstrak dengan menggunakan teoritis dan praktis, sedangkan grafik komputer atau geometri secara komputasi lebih menekankan pada aplikasi yang lebih spesifik. Teori programming language mempriotitaskan pendekatan mendeskrisikan proses komputasi, sedangkan pemrograman komputer melibatkan penggunaan bahasa pemrograman untuk membuat sistem yang kompleks. 

    Artificial intelegent diciptakan untuk menggabungkan beberapa proses sehingga membentuk sesutu yang baru dalam hal ini merupakan proses yang berorientasi pada tujuan seperti pemecahan masalah, pengambilan keputusan, adaptasi lingungan, perencanaan, dan pembelajaran. 

    Computer hardware adalah bagian fisik komputer yang dibedakan dengan data yang berada di dalamnya dan dengan perangkat lunak yang menyediakan intruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan pekerjaannya. External hardware adalah hardware yang berada di luar komputer seperti flat-panel dan LCD. Internal hardware adalah hardware yang berada di dalam komputer seperti CPU dan Drive. Firmware adalah perangkat unak komputer yang menyediakan tingkat rendah untuk perangkat keras khusus perangkat dan memungkinkan lebih banyak kemandirian perangkat keras. Contoh perangkat berisi firmware adaah sistem tertanam, komputer, dan periferal komputer yang disimpan di perangkat memori non-volatile seperti ROM, EPROM, EEPROM, dan Flash.   

    Operating System adalah interface antara pengguna komputer dengan perangkat keras omputer yang merupakan perangkat lunak yang melakukan pekerjaan pengaturan mendasar seperti manajemen file.

    Drive adalah program komputer yang mengendalikan perangkat tertentu yang terpasang pada komputer. Drive menyediakan interface perangkat lunak dengan perangkat keras sehingga memungkinkan sistem operasi dan program komputer lain mengakses fungsi perangkat keras tanpa perlu mengetahui secara detail perangkat keras yang digunakan.

    Interaksi dengan pengguna  dibedakan menjadi Hardware Interface dan Software Interface. Hardware Interface didefinisikan oleh sinyal mekanis, listrik, dan logika pada Interface dan protocol untuk mengurutkan, biasa disebut persinyalan. Hardware Interface dapat paralel dengan beberapa sambungan listrik yang membawa bagian data secara serentak atau serial di mana data dikirim sedikit demi sedikit. 

    Penggunaan interface memungkinkan adanya gaya pemrograman ke interface. Ide dibalik pendekatan ini untuk mendasarkan logika pemrograman pada interface objek yang digunakan, bukan pada detail implementasi internal.



Latihan Soal 

1. Hardware dibedakan menjadi 3 jenis menurut letaknya pada sebuah sistem komputer, jelaskan dan berikan contoh masing - masing! 

2. Sebutkan 5 jenis operating system yang kalian ketahui, dan berikan contoh!

3. Jelaskan mengapa memilih dan menginstal driver perangkat yang benar untuk perangkat keras tertentu merupakan komponen paling penting dari konfigurasi sebuah sistem komputer?

4. Penggunaan interface memungkinkan adanya gaya pemrograman yang disebut pemrograman ke interface, jelaskan maksud pernyataan tersebut!

5. Sebutkan syarat supaya pengguna dapat berinteraksi dengan baik ketika menggunakan komputer


Jawaban 

1. a. External Hardware, yaitu perangkat keras yang berada di luar komputer. Contohnya : Flat-panel, Monitor, LCD, Gamepad, Joystick, Keyboard, Microphone, Mouse, Printer, Projector, Scanner, Speaker, dan USB thumb drive.

b. Internal Hardware, yaitu perangkat keras yang berada di dalam komputer. Contohnya : CPU (Computer Processing Unit), Drive (blue-ray, CD-ROM, DVD, floppy drive, hard drive, SSD), Fan (heat sink), Modem, Motherboard, Network card, Power supply, RAM, Sound card, dan Video card.

c. Firmware, yaitu perangkat lunak yang dibuat dan diterapkan ke dalam perangkat keras. Contohnya : ROM, EPROM, EEPROM, dan memori Flash. 

 

2. a. Real-time Operating System, contohnya QNX, VRTX, Windows NT, FreeRTOS, proses pengambilan uang di ATM, proses login, proses pengiriman data transmisi.

b. Multi-user Operating System, contohnya Novell Netware pada sistem operasi Network berbasis DR-DOS.

c. Multi-tasking atau Single-tasking Operating System, contohnya Solaris, Linux, AmigaOS, FreeBSD.

d. Distributed Operating System, contohnya Amoeba, Guide (Grenoble Universities Integrated Distributed Environment).

e. Embedded Operating System, contohnya OpenWRT (open wireless router).


3. Driver bertugas sebagai penerjemah komunikasi antara perangkat keras itu sendiri dengan sistem operasi atau mengendalikan perangkat yang terpasang pada komputer. Semua perangkat yang terpasang ke komputer harus bisa berkomunikasi dengan sistem operasi agar perangkat bisa digunakan,untuk itulah driver diperlukan sebagai media penerjemah antara perangkat yang satu dengan perangkat yang lain. Driver menyediakan interface perangkat lunak dengan perangkat keras yang memungkinkan sistem operasi dan program komputer lain mengakses fungsi perangkat keras tanpa mengetahui secara detail perangakat keras yang digunakan, sehingga memilih driver yang tepat merupakan komponen paling penting dari konfigurasi sebuah sistem komputer.


4. Penggunaan interface memungkinkan adanya gaya pemrograman yang disebut pemrograman ke interface. Ide di balik pendekatan ini adalah untuk mendasarkan logika pemrograman pada interface objek yang digunakan, bukan pada detail implementasi internal. Pemrograman ke interface mengurangi ketergantungan pada spesifikasi implementasi dam membuat kode lebih dapat digunakan kembali. Inversi kontrol meninggalkan konteks untuk memasukkan kode dengan implementasi khusus dari interface yang akan digunakan untuk melakukan pekerjaan.


5. User Interface atau UI pada sebuah produk baik aplikasi maupun website menjadi sangat penting karena dengan UI pengguna bisa berinteraksi dengan produk tersebut. Tampilan UI yang baik pastinya akan memudahkan interaksi pengguna dengan produk. Jika interaksi pengguna berjalan baik, kebutuhan dan tujuan pengguna menggunakan produk dapat terpenuhi. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Uji Kompetensi - Computational Thinking

Computational Thinking : 4 Metode Algoritma

TIK - BAB 1